4 fitur tersembunyi pada menu Mail di iOS

Dengan perkembangan zaman yang cukup pesat seperti sekarang ini, internet merupakan hal yang tidak bisa dilupakan begitu saja. Bahkan, hampir setiap hari kita pasti menggunakan internet, baik untuk membuka media sosial atau mengirim surat.

Email (electronic mail) atau surel (surat elektronik) salah satu hal penting yang tidak bisa ditinggalkan. Awalnya surel hanya dipakai oleh pelaku bisnis, namun seiring menjamurnya internet, murid Sekolah Dasar pun sudah memanfaatkan surel untuk mengirim pekerjaan rumah.

Nah, mengirim email menjadi lebih mudah di ponsel pintar. Karena selain dapat mengirimkan email di mana pun, penggunanya juga bisa mendapatkan notifikasi langsung jika ada email masuk.

Bagi kita pengguna iOS, adakah yang menggunakan aplikasi Mail untuk mengirim surel? Ternyata ada beberapa gestur atau “jalan pintas” yang tersembunyi pada aplikasi ini. Apa saja? Yuk bahas satu-satu:

 1. Draft email dengan cepat

Kita bisa mengakses kotak masuk email dengan cepat meski sedang menulis email. Caranya adalah ketika sedang menulis surel, tarik layar dari atas ke bawah.

Dengan melakukan hal tersebut, kita akan dibawa ke menu utama aplikasi Mail. Lebih kerennya lagi surel yang sedang kita tulis akan otomatis menjadi draft yang bisa diakses pada bawah layar perangkat kita.

2. Ubah menu untuk akses folder yang lebih cepat

Tampilkan folder yang kita inginkan untuk membantu kita mengaksesnya lebih cepat. Caranya adalah ketika masuk ke aplikasi Mail, pilih Edit yang berada di pojok kanan atas layar, kemudian pilih menu mana saja yang ingin kita tampilkan.

Saya sendiri mengaktifkan folder Attachments agar lebih mudah mengakses surel yang dilengkapi dengan attachment. Yang satu ini cukup membantu bagi saya pribadi.

3. Atur notifikasi khusus untuk kontak pilihan

Notifikasi panggilan atau pesan masuk memang sudah biasa untuk dibuat kustom. Tetapi bagaimana dengan notifikasi surel? Hal ini mungkin masih jarang digunakan.

Jika kita memiliki kontak khusus yang memang tidak boleh ditinggalkan ketika mereka mengirim email, maka fitur yang ini sangat perlu diaktifkan. Caranya dengan menjadikannya sebagai VIP.

Pada menu utama aplikasi ini, kita akan melihat folder VIP, setelah itu kita bisa masukkan kontak tersebut. Dari fitur ini kita bisa mengubah suara notifikasi ketika kontak tersebut mengirimkan email.

4. Akses folder draft dengan cepat

Cara cepat untuk mengakses draft adalah dengan tap dan tahan pada ikon menulis email baru. Setelah melakukan langkah tersebut, akan muncul menu baru yang berisi semua draft email kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *