Aplikasi ponsel yang membuat foto berkualitas seperti DSLR

Siapa bilang memotret dengan ponsel tidak bisa menyerupai DSLR? Dengan teknik dan bantuan aplikasi yang tepat, kita bisa mengubah hasil foto dengan ponsel seperti layaknya menggunakan kamera profesional atau DSLR.

Berbagai macam aplikasi yang sudah tersedia bisa kita manfaatkan guna menciptakan hasil foto yang menarik. Seperti aplikasi edit foto atau aplikasi yang berbasis kamera sekalipun. Berikut adalah kumpulan aplikasi yang mampu mengubah foto dari ponsel menjadi seperti layaknya kamera DSLR:

1. Snapseed (iOS / Android)

Salah satu aplikasi wajib yang harus dimiliki para pecinta mobile photography. Aplikasi ini tadinya menjadi aplikasi ekslusif yang hanya tersedia untuk perangkat iOS. Namun saat ini pengguna Android juga sudah bisa menikmatinya.

Memiliki banyak menu yang bisa kita manfaatkan untuk mengubah hasil foto menjadi lebih baik. Seperti contrast, ambiance, highlights/shadows, brightness and saturation. Saya pribadi sering menggunakan fitur penambah ketajaman untuk “mempercantik” foto saya.

2. VSCO Cam (iOS / Android)

Mungkin aplikasi edit foto yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi kalian. Merupakan aplikasi turunan dari Adobe Lightroom yang biasa ditemui di PC. VSCO Cam juga memiliki berbagai macam preset yang bisa kita aplikasikan pada foto kita.

Kita bisa menggunakan berbagai macam tone yang tersedia di dalamnya guna membuatnya lebih menarik. Di Instagram sendiri, tagar VSCO sudah banyak sekali digunakan. Pertanda foto tersebut diedit pada aplikasi ini.

3. Image Blender (iOS)

Menggabungkan dua foto atau lebih menjadi lebih mudah dengan menggunakan aplikasi ini. Kita bisa menambahkan foto portrait terhadap foto lanskap yang sebelumnya telah kita potret.

Menariknya lagi, hasil foto menggunakan aplikasi ini tidak mengurangi resolusi foto sebenarnya. Kita bisa mengedit Multi Exposure, menambahkan atau menghilangkan objek dan lain sebagainya.

4. Slowshutter (iOS)

Memotret long exposure layaknya biasa digunakan kamera DSLR dengan ponsel. Kita bisa menghasilkan foto light trail mobil yang berjalan, motion blur, dan low light hanya dengan kamera ponsel.

Menggunakan aplikasi ini seperti kita membawa fotografi ponsel menjadi satu langkah lebih maju lagi. Perlu diingat untuk mengambil foto light trail gunakan tripod atau gorilla pod agar kamera lebih stabil.

5. Big Lens (iOS)

Menjadi lebih kreatif dengan memainkan depth of field di ponsel. Biasanya kita akan menemukannya di kamera DSLR, tetapi menggunakan aplikasi ini, kita bis amengaplikasikannya di ponsel.

Hasil bokeh yang menarik juga bisa kita ciptakan menggunakan aplikasi ini. Pemilihan fokus yang otomatis membuat gambar menjadi lebih tajam dan bokeh yang terlihat seperti natural.

Image Credits: Belfot, Thenextweb, abeautifulmess, Iphoneographycentral, Skipology, Softlypiquedlens

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *