Mau Instagram-mu dapat Love dan Followers lebih banyak secara alami bukan bot? Coba terapkan tips berikut!

Bagi yang bermain media sosial Instagram, bila memiliki jumlah followers yang banyak atau setiap postingannya mendapat love yang banyak juga, pasti akan merasakan kepuasan tersendiri. Bukan hal yang aneh kok, karena menurut teori kebutuhan Maslow, kebutuhan tertinggi manusia adalah pengakuan dari masyarakat. Jadi wajar bila setiap postingan kita mendapat apresiasi yang positif dari followers kita, tentu jadi kebahagiaan tersendiri untuk kita.

Nah masalahnya, untuk kita yang baru main atau yang sudah punya Instagram cukup lama terkadang jumlah followers-nya masih sedikit dan susah naik. Diperparah ketika posting foto selalu mendapat love yang bisa banget dihitung pakai jari, itupun dari akun promosi obat pelangsing badan. Kadang hal-hal seperti ini bikin kita minder dan merasa Instagram bukanlah tempat yang tepat untuk show-off kemampuan yang kita miliki.

Namun tak perlu takut ataupun sedih. Bagi yang ikin menjadikan Instagram sebagai sarana memamerkan karya atau kemampuan kita namun ingin mendapat apresiasi layak kalian bisa ikuti tips dari Poster. Tentu saja Poster akan memberikan tips mendapatkan followers dan love secara alami, dalam artian memang kita layak dan pantas mendapatkannya. Bukan dari cara instan melalui jasa penambah followers dan love dari akun-akun bot yang tidak jelas asalnya. Berikut tips dari tim Poster.

1. Perbanyak upload foto/video

Namanya juga Instagram, cara mainnya pun kita harus membagikan foto/video disana agar orang lain bisa melihat postingan di linimasa kita. Foto atau video-nya pun bisa berupa foto/video pribadi kita, maupun karya apapun yang kita buat. Semakin banyak foto/video yang kita posting, orang lain bisa melihat ciri khas serta menemukan hal yang menarik dalam galeri Instagram kita. Sehingga bila orang lain tertarik dengan apa yang kita posting, bukan tidak mungkin mereka langsung nge-love postingan kita dan bisa jadi menjadi followers baru di akun Instagram kita.Baca juga:  Transfer foto tanpa kabel dari kamera Sony ke iOS atau Android

Namun perlu diingat ya. Setiap postingan yang kita upload di Instagram harus bisa dipertanggung jawabkan. Baik dari isi kontennya maupun hal eksternal lain seperti originalitasnya. Jangan sampai demi memperbanyak foto/video yang bertujuan menarik followers, kita jadi tersangkut masalah dengan orang lain.

 2. Maksimalkan keajaiban #hastag

Di media sosial Instagram, hastag merupakan hal yang cukup penting. Dengan menggunakan hastag, postingan kita kan lebih mudah ditemukan oleh seluruh orang didunia. Misalkan, dengan menggunakan hastag #Artwork, seluruh pengguna Instagram di seluruh dunia yang mencari keyword Artwork bisa jadi menemukan postingan kita.

Sangat dianjurkan untuk menyertakan hastag yang masih ada kaitannya dengan postingan kita agar yang diunggah punya jangkauan yang luas. Menurut riset dari TrackMaven, sebuah postingan yang menggunakan lebih dari 11 hastag akan memanen interaksi baik love, comment, maupun followers yang lebih banyak.

Gimana? Keren kan dampak yang bisa diciptakan oleh hastag? Instagram membatasi penggunanya untuk menggunakan 30 hastag dalam setiap postingannya. Oleh karena itu bagi kita yang ingin postingan kita punya jangkauan yang lebih luas, mari kita maksimalkan dengan menggunakan 25 hingga 30 hastag dalam setiap postingan kita.

3. Follow akun yang sejenis dengan kita

Di Instagram berkumpul semua jenis bidang pekerjaan, hobi, hingga minat. Misalkan kita memiliki akun Instagram yang ingin digunakan untuk membagi karya-karya hasil bidikan kamera kita. Nah, sangat dianjurkan untuk mengikuti akun-akun fotografer Instagram yang jumlahnya sangat banyak dari seluruh negara di dunia.

Selain mendapatkan referensi serta bisa mengetahui trend fotografi yang sedang up-to-date, akun-akun lain yang memiliki interest yang sama dengan kita bukan tidak mungkin akan mengikuti akun kita. Bahkan bukan tidak mungkin fotografer favorit yang kita follow sebelumnya bisa mem-follow balik akun kita.Baca juga:  Dari hobi gambar menghasilkan puluhan ribu pengikut di Instagram

4. Jangan sungkan untuk minta bantu share akun Instagram kita

Nah ini cara yang cukup efektif. Selain sudah pasti kita sendiri yang mempromosikan akun Instagram milik kita di media sosial lain seperti Facebook, Path, dan sebagainya, meminta bantuan teman atau orang lain untuk mempromosikan akun Instagram kita bisa jadi cara yang efektif.

Cara yang bisa dilakukan di Instagram adalah dengan me-repost apa yang kita unggah di Instagram milik teman kita. Misalkan teman kita memposting foto karya design kita di Instagram dengan deskripsi mencantumkan credit berupa akun Instagram kita.

 5. Jangan pelit dengan love

Di media sosial Instagram, love adalah cara ter-simple untuk memberikan apresiasi terhadap postingan akun lain. Tak perlu lama, cukup hanya mengklik dua kali atau menekan icon love di bawah postingannya. Semua pengguna sama seperti kita, ingin postingannya diapresiasi. Lantas apa pengaruhnya kita membagi-bagi love kepada pengguna lain terhadap akun kita?

Ada riset yang dilakukan Austin Allerd dalam bukunya yang berjudul Hacker’s Guide to User Acquisition dimana disebutkan sebuah metode yang berkaitan dengan kasus diatas dengan nama “Follow like like like”. Metode ini menyuruh kita untuk mengikuti akun Instagram yang sejenis dengan kita lalu memberikan love ke tiga postingan terakhir milik mereka. Dari beberapa akun yang kita terapakan metode tersebut, pasti ada satu atau dua yang tertarik untuk mengikuti kita balik. Atau tidak menutup kemungkinan akun asing pun ikut mengikuti Instagram kita.

 6. Perbanyak kolaborasi

Cara ini sangat cocok untuk kita yang suka mengunggah foto/video karya kita ke Instagram. Kita bisa melakukan kolaborasi karya dengan teman kita untuk diposting di Instagram masing-masing. Sebagai contoh, kita membuat video tutorial singkat dengan metode kolaborasi. Pada saat diposting di Instagram, jangan lupa mencantumkan akun Instagram teman kolaborasi kita.

Dengan cara ini dalam satu karya yang sama diposting oleh dua orang yang berbeda dan tentu saja akan dilihat oleh followers kita masing-masing. Dalam kata lain orang yang melihat karya kita pun jadi lebih luas. Dan bukan tidak mungkin, followers teman kolaborasi kita pun jadi ikutan mengikuti akun kita karena tertarik dengan isi linimasa Instagram kita.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba tips dari Poster? Apa kalian punya tips yang jauh lebih jitu? Ayo share ke kita dengan menulisnya di kolom komentar di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *