Cara Transfer Foto Tanpa Kabel, Dari Kamera Digital ke Smartphone

Please log in or register to like posts.
Poster.co.id
transfer foto dari kamera ke smartphone

Pada beberapa situasi, kamera mampu menghasilkan foto yang lebih bagus dari kamera smartphone atau tablet.

Misalnya, saat memotret di malam hari dengan pencahayaan yang minim. Lalu, bagaimana jika kita ingin langsung posting foto ini di Instagram atau di media sosial lainnya?

Saat ini, sudah banyak beredar kamera digital dengan fitur Wi-Fi, yang mengizinkan kita untuk berbagi momen penting saat itu juga. Salah satu kamera yang memiliki fitur ini adalah Sony Alpha a5000.

Kita tidak bisa langsung posting foto ke media sosial, jadi kita perlu mentransfer foto yang kita ambil ke perangkat iOS atau Android terlebih dahulu.

Dalam tutorial kali ini, Poster akan menunjukkan cara transfer foto ke smartphone.

Sebelumnya, kita wajib menginstalasi app PlayMemories Mobile dari Sony. Untuk pengguna perangkat Android, app-nya bisa diunduh di sini. Yuk kita simak caranya.

1.  Buka Menu kamera a5000

Pilih opsi Wireless yang ada di menu.

2. Kirim ke Smartphone

Pilih opsi Send to Smartphone.

3. Pilih Sumber Foto

Karena kita ingin transfer foto yang ada di kamera, pilih Select on This Device.

4. Tentukan Foto Yang Akan Ditransfer

Ingin transfer foto yang baru diambil? Pilih This Image. Tapi jika kamu ingin mentransfer semua foto yang diambil hari ini, pilih All Images on This Date.

Untuk memilih beberapa foto secara lebih spesifik pilih Multiple Images. Untuk tutorial ini, Poster memilih opsi All Images on This Date.

5.  Cek Kata Sandi Wi-Fi dari Kamera

Memilih opsi di langkah keempat akan secara otomatis menyalakan Wi-Fi kamera. Di layar ini, kita bisa melihat nama jaringan Wi-Fi dan kata sandi default yang disediakan kamera.

Baca Juga:  Era BBM Sudah Kadaluarsa? Siapa Bilang. Nantikan Inovasi Terbaru dari BBM dan EMTEK

Kita bisa mengubahnya secara manual di pengaturan kamera. Selanjutnya, ambil smartphone kamu.

6. Nyalakan Wi-Fi

Dari app Settings, buka opsi Wi-Fi, kemudian nama jaringan Wi-Fi yang dipancarkan kamera, lalu masukkan kata sandinya. Jika nama jaringannya sudah tercentang, berarti kamera dan smartphone sudah tersambung—meskipun kita tidak melihat ikon Wi-Fi di bagian atas layar.

7. Buka Aplikasi PlayMemories Mobile

PlayMemories akan langsung tersambung ke kamera dan mentransfer foto secara otomatis. Saat semua foto sudah ditransfer, akan muncul keterangan Contents copied.

Tap OK untuk memutuskan koneksi Wi-Fi dengan kamera. Foto akan tersimpan di Camera Roll dan siap untuk diunggah ke Instagram atau FB kamu.

Last Updated on