Film Parasite: Dari Korea Untuk Dunia, dan Oscar

Please log in or register to like posts.
Poster.co.id
film parasite nominasi oscar 2

Selama 91 tahun, Korea Selatan selalu gagal mendapatkan nominasi Oscar untuk film-filmnya yang ironisnya sangat populer di berbagai belahan dunia.

Kini penantian panjang itu telah berakhir. Film Parasite besutan sutradara Bong Joon Ho dinominasikan untuk 6 kategori dan menjadi film korea pertama yang masuk nominasi Oscar. Selain itu Bong juga menjadi sutradara asal Korea Selatan pertama yang menjadi nominasi Best Director.

Perjalanan Menuju Oscar

film parasite nominasi oscar
source: poster.co.id

Film yang awalnya berjudul “The Decalcomanie” ini ditulis oleh Bong Joon Ho selama beberapa tahun. Setelah mendapatkan ide cerita, ia berusaha untuk membuat kisah yang mewakili keadaan yang terjadi di dunia nyata.

Namun ide untuk setengah bagian akhir film justru ia dapatkan di beberapa bulan sebelum mulai syuting. Bong merasa “tenggelam” dalam script yang ia tulis dan akhirnya lahirlah sebuah film hebat yang akan membuat kamu tegang sekaligus berpikir hingga akhir.

Sebagai film yang mengangkat kisah perbedaan antar kelas di masyarakat, Bong mampu membawakannya dengan cara yang sederhana. Pesannya cukup simple, bahwa apa yang terjadi di film ini bisa terjadi dimana saja dan oleh siapa saja.

Parasite sebenarnya sudah mencetak sejarah baru di ajang Cannes Film Festival ketika Bong menjadi sutradara asal Korea Selatan pertama yang menerima penghargaan Palme d’Or.

Mereka yang telah meraih Palme d’Or umumnya melanggeng ke nominasi Oscar. Namun Parasite sedikit berbeda karena termasuk film non-Inggris yang dinominasikan ke banyak kategori Oscar.

Baca Juga:  Mencetak Sejarah Baru, Film Joker Menyabet 11 Nominasi Oscar

Pencapaian ini jelas luar biasa dan patut diapreasiasi. Banyak yang menganggap bahwa kesempatan untuk meraih Oscar kini tidak harus film yang berbahasa Inggris melainkan bisa menonjolkan bahasa dan kultur negara masing-masing.

Kebangkitan Sinema Korea

kebangkitan film korea
source: filmdoo.com

Film Parasite kini mengantongi pendapatan $130 juta dari seluruh dunia dan menjadi salah satu film non-inggris dengan pendapatan box office terbesar.

Selain Parasite, sebenarnya film Burning karya Lee Chang-dong juga sempat diprediksi akan masuk nominasi Oscar. Film psychological thriller ini sangat populer hingga meraih 98% rating di Rotten Tomatoes dan diganjar penghargaan FIPRESCI di ajang Cannes Film Festival pada 2018.

Tidak hanya itu, aktor dan aktris Korea Selatan juga banyak yang tampil di film berkelas Hollywood. Sebut saja Lee Byung hun dalam film Terminator Genisys dan G.I Joe serta Claudia Kim dalam film The Avengers: Age of Ultron.

Ternyata industri film di Korea Selatan sudah mempu mengimbangi kepopuleran industri musiknya yang sudah lebih dulu mendunia.

Studio besar seperti Warner Bros dan 20th Century Fox pun sepertinya tidak ingin ketinggalan dan ikut memproduksi film lokal korea seperti The Age of Shadows dan The Wailing.

Perusahaan streaming seperti Netflix juga telah bekerja sama dengan perusahaan film lokal seperti Studio Dragon untuk memproduksi 40 drama korea dalam tiga tahun ke depan.

Baca Juga:  Tim Pengacara Harvey Weinstein Menuduh Sciorra "Pembohong"

Bahkan serial original Netflix dengan bahasa Korea yang berjudul Kingdom, sangat berhasil di pasaran.

Kebangkitan sinema Korea ini tidak semata-mata kebetulan. Jauh sebelum kepopuleran, istilah K-pop dan K-drama sudah sangat digemari di Asia terutama di Cina. Bahkan kabarnya istilah “Korean Wave” pertama kali muncul di Cina, pasar terbesar di wilayah Asia.

Cerita yang original, menarik dan didukung oleh aktor aktris berbakat membuat industri film Korea tidak pernah berhenti untuk melahirkan film-film yang berkualitas.

Mari kita tunggu apakah Parasite bisa menjadi film Korea pertama yang memenangi Piala Oscar?

Last Updated on