“Mangkujiwo” Di Mata Sujiwo Tejo & Karina Suwandi

Please log in or register to like posts.
Poster.co.id
sujiwo_tejo_karina_suwandidi

Film Mangkujiwo telah meraih 350.000 penonton hanya dalam beberapa hari sejak dirilis di bioskop.

Animo penonton sepertinya sangat tinggi terlebih film ini ditujukan untuk mengulas asal muasal munculnya hantu Kuntilanak.

Dalam sebuah video yang diunggah oleh MVP Pictures, Sujiwo Tejo dan Karina Suwandi menjelaskan pandangan mereka masing-masing tentang Mangkujiwo.

Menurut Sudjiwo Tejo, selama ini kita hanya mengenal sosok Kuntilanak sebagai hantu yang menakutkan.

Padahal semua itu ada asal usulnya. Dalam film Mangkujiwo, semuanya dimulai dari perseteruan antar dua tokoh yang memperebutkan benda pusaka dari Keraton. Perseteruan ini akhirnya berujung dendam yang menggunakan ilmu hitam.

Walaupun sangat kental dengan budaya Jawa, banyak yang merasa bahwa sosok Kuntilanak justru berasal dari wilayah Pontianak, Kalimantan Barat.

Bahkan nama kota Pontianak sendiri dipilih oleh pihak Kesultanan Pontianak pada masa itu karena merasa sering diganggu oleh hantu wanita ini.

Mitos ini bahkan sampai ke negeri Jiran, Malaysia. Namun mereka menyebutnya dengan Puntianak yang artinya perempuan yang mati saaat sedang mengandung anak. Bagi kaum Melayu, Puntianak ini bisa menghisap darah dan membunuh seseorang dengan sadis.

Mengambil lokasi syuting di wilayah Jawa seperti Klaten dan Pantai Selatan, Karina Suwandi dan Sudjiwo Tejo mengaku mengalami beberapa kejadian mistis di lokasi tersebut.

Sujiwo juga berkata bahwa pemain yang lain seperti Asmara Abigail juga mengalami hal yang serupa. “Namun hal-hal seperti itu tidak bisa diceritakan di sini”, ujarnya.

Baca Juga:  Nadiem Membuka "Pintu" Untuk Netflix

Menurut Karina Suwandi, Kuntilanak sebenarnya berawal dari kasih seorang ibu yang rela berkorban untuk anaknya. Jadi dalam film ini terdapat pesan-pesan moral yang bisa diambil.

Sebagai prequel dari Kuntilanak 1 (2018) dan Kuntilanak 2 (2019), Mangkujiwo bakal menyajikan sebuah kisah yang berbeda dan akan memuaskan hasrat ingin tahu kita tentang latar belakang Kuntilanak itu sendiri.

Berani nonton?

Last Updated on