Mencetak Sejarah Baru, Film Joker Menyabet 11 Nominasi Oscar

Please log in or register to like posts.
Poster.co.id
joker 11 nominasi oscar

Sebelumnya banyak yang meragukan bahwa film Joker yang dibintangi Joaquin Phoniex ini bakal sukses di pasaran, terlebih ketika situs review film ternama seperti RogerEbert.com memberikan skor 2 (dari 5) dan menganggapnya a joke (lelucon).

Skor film Joker di Rotten Tomatoes juga tidak beda jauh, hingga saat ini hanya mengantongi 69% suara.

Tapi sepertinya semua itu tidak menghalangi film besutan Todd Phillips ini untuk mendominasi acara Oscar yang akan diadakan pada 24 Februari 2019 di Dolby Theatre Hollywood, Los Angeles, California.

Sosok Antihero Yang Legendaris

akting joaquin phoenix di film joker
source: poster.co.id

Sosok Joker adalah villain yang paling legendaris dan sangat ikonik. Memang dia tidak sehebat Batman atau Superman, namun dalam film ini sosok Joker menampilkan karakter yang begitu dalam sehingga banyak ketakutan bahwa bisa saja seseorang meniru “hal-hal sadis” yang dia lakukan.

Bahkan pihak berwajib di Amerika Serikat sempat memberikan peringatan kepada seluruh bioskop yang menayangkan film Joker, atas potensi bahaya yang dapat terjadi.

Terlepas dari tragedi penembakan masal yang pernah terjadi saat penayangan perdana film The Dark Knight Rises di Colorado, AS pada tahun 2012 mari kembali melihat sisi positif dari film Joker kali ini.

Joaquin Phoenix benar-benar berhasil “mengambil alih” peran Joker yang sebelumnya diperankan oleh Jared Leto.

Baca Juga:  Petelur.id, aplikasi untuk tingkatkan produktivitas peternak telur lokal

Peran Joaquin mengingatkan kita pada Joker versi almarhum Heath Ledger di The Dark Knight (2008), dimana Ledger berhasil menjiwai sosok maniak Joker yang “menghantui” para penggemar hingga saat ini.

Namun Joaquin sepertinya mampu melampui pencapaian Heath Ledger ketika ia menunjukkan sisi sadis dan unik dari seorang Joker dengan sangat akurat disertai dengan akting berkualitas Oscar.

Mencetak Sejarah Baru

akting joaquin phoenix di film joker
source: poster.co.id

Joker mendapatkan 11 nominasi Oscar pada tahun ini. Dan menjadi film adaptasi komik dengan nominasi Oscar terbanyak dalam sejarah.

Sebelumnya rekor tersebut dipegang oleh film Black Panther pada tahun 2019 dengan 7 nominasi Oscar dan memenangkan 3 diantaranya yaitu, Best Costume Design, Best Original Score, and Best Production Design.

Oscar cukup jarang menominasikan film adaptasi komik ke kategori favorit bahkan film sekelas The Dark Knight pun tidak mendapatkan nominasi favorit seperti Best Picture.

Tahun ini Joker mencetak sejarah baru di dunia komik, dengan 11 nominasi yang mayoritas adalah nominasi “besar” yaitu: Best Picture, Best Director, Best Actor, Best Adapted Screenplay, Best Cinematography, Best Costume Design, Best Editing, Best Makeup and Hairstyling, Best Original Score, Best Sound Mixing, Best Sound Editing.

Sepertinya keputusan untuk memutar premiere film Joker di berbagai festival di luar Amerika Serikat membuahkan hasil positif. Terlepas dari beragam kritik negatif, buktinya Joker bisa mengantongi penghargaan bergengsi Golden Lion di Venice Film Festival.

Baca Juga:  Suitmedia, dari “buka lapak” Hingga Jadi Perusahaan

Mari kita tunggu apakah Joker akan kembali mencetak sejarah baru di Dolby Theatre nanti? Tinggalkan pendapat kamu di kolom komentar ya.

Last Updated on