Mengangkat Isu “Rasisme”, Pidato Joaquin Phoenix Dipuji

Please log in or register to like posts.
Poster.co.id
pidato_joaquin_phoenix

Selain memenangkan penghargaan sebagai Aktor Utama pada perhelatan BAFTA Awards kemarin, Joaquin Phoenix juga dipuji karena pidatonya.

Walaupun berbangga karena film Joker (2019) meraih tiga penghargaan sekaligus malam itu namun Joaquin menyayangkan sistem penghargaan BAFTA yang dianggapnya masih tidak berpihak pada kulit hitam.

Bahkan ia mengakui bahwa dirinya sendiri pun menjadi bagian dari “sistem yang salah” itu.

Menurut Joaquin banyak aktor atau aktris kulit hitam yang berkualitas namun tidak menerima privilege yang sama seperti dirinya.

Isu rasisme di dunia film memang bukan hal yang baru.

Pada tahun 2016, Will Smith dan istrinya, Jada Pinkett Smith tidak menghadiri acara Oscar karena menganggap kurangnya representasi kulit hitam pada nominasi yang diumumkan.

Aktor Jamie Foxx juga mengutarakan hal yang sama. Pada malam penghargaan African American Film Critics Association Awards di Los Angeles bulan lalu, Jamie berharap agar Warner Bros bisa mengubah persepsi kulit hitam di industri film.

Selain isu rasisme, masalah representasi kaum perempuan juga disuarakan oleh Rebel Wilson yang menyayangkan sedikitnya keterwakilan perempuan dalam nominasi BAFTA.

Film adalah milik semua orang tanpa perlu memandang latar belakang atau warna kulitnya. Maka penghargaan film seharusnya juga bisa mewakili semua kalangan.

Last Updated on