Nadiem Membuka “Pintu” Untuk Netflix

Please log in or register to like posts.
Poster.co.id
kerjasama kemdikbud netflix

Sosok Nadiem Makarim kembali membuat gebrakan di kementerian yang ia pimpin. Kali ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memutuskan untuk bekerja sama dengan layanan video on demand terbesar di dunia, Netflix.

Hal ini cukup menarik mengingat Netflix masih diblokir oleh Telkom, salah satu BUMN yang bergerak di bidang layanan internet dan konten.

Polemik Netflix

Sejak 2016, Netflix memang mengalami kesulitan untuk memasuki pasar Indonesia. Hal ini dikarenakan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang dipimpin oleh Rudiantara pada saat itu masih mempermasalahkan beberapa kebijakan yang tidak dapat dipenuhi oleh Netflix.

Salah satunya adalah mengenai konten original milik Netflix. Yang dianggap masih belum bisa mengikuti aturan yang berlaku di Indonesia.

Namun Nadiem beranggapan lain. Menurutnya Netflix justru bisa menjadi platform untuk mendistribusikan karya film dan kebudayaan asli Indonesia ke kancah Internasional.

kemdikbud netflix

Pemikiran tersebut ada benarnya, karena berdasarkan data terakhir hampir 37% pengguna internet di seluruh dunia mengakses layanan Netflix.

Hingga saat ini Netflix memiliki lebih dari 150 juta pelanggan di seluruh dunia dan diperkirakan bisa mencapai 400 juta pelanggan pada tahun 2023.

Itu merupakan jumlah yang sangat besar dan menjadi pasar potensial untuk mempromosikan film atau budaya lokal Indonesia.

Managing Director Netflix untuk kawasan Asia Pacific, Kwek Yu Cuan, juga mengamini hal ini. Menurutnya industri perfilman di Indonesia memiliki kapasitas untuk mengangkat budaya lokal ke kancah dunia melalui “cerita”.

Baca Juga:  Anganku Anganmu - Raisa & Isyana Sarasvati
kemdikbud netflix 2

Tampak jelas bahwa Kemdikbud lebih beorientasi pada perkembangan jaman dan teknologi yang pada akhirnya akan menguntungkan Indonesia.

Murah dan Berkualitas

Saat ini layanan Netflix memang hanya mengandalkan promosi dari mulut ke mulut. Namun jumlah penggunanya di Indonesia cukup besar.

Selain mengandalkan konten orisinal mereka yang sudah memenangkan banyak awards, Netflix juga sudah mulai membeli hak siar film-film lokal sejak tahun 2017.

Harga yang ditawarkan Netflix juga sangat murah dan sangat sesuai dengan demografi Indonesia. Untuk akses perbulannya dimulai dari Rp. 30 ribu.

kemdikbud netflix 3

Selain mendorong masyarakat untuk menghindari situs film bajakan seperti LK21 atau INDOXXI, Netflix juga ingin berkontribusi untuk mengembangkan budaya lokal.

Sepertinya tidak ada ruginya kan untuk membukakan “pintu” bagi Netflix di Indonesia?

Last Updated on