Penjelasan Ilmiah Saat Superman Memutar Balik Rotasi Bumi & Waktu

Please log in or register to like posts.
Poster.co.id
penjelasan ilmiah superman mengitari bumi - 3

Jauh sebelum Superman diperankan oleh Henry Cavill dan sebelum Superman harus berhadapan dengan Batman, karakter superhero DC ini sudah mempunyai banyak pemeran dan menjalani berbagai cerita.

Dalam film Superman (1978), yang merupakan era klasik Superman (diperankan oleh Christopher Reeve), diceritakan Superman terbang mengitari bumi dengan kecepatan tinggi dan membuat bumi berputar balik arah, sehingga Superman bisa memundurkan waktu untuk menyelamatkan Lois Lane (Margot Kidder).

Membahas mengenai hal ini, belum lama ini sekelompok mahasiswa dari Universitas Leicester, Inggris berhasil menghitung kecepatan yang harus ditempuh Superman untuk bisa melakukan hal itu. Tetapi, dalam penelitiannya para mahasiswa juga mencantumkan bahwa tindakan Superman ini harus diikuti dengan konsekuensi yang tak murah.

Para mahasiswa bidang fisika ini mengungkap bahwa untuk bisa membuat bumi sejenak berputar berbalik arah, maka Superman harus terbang atau bergerak dalam kecepatan 660 juta mil per jam atau 1,06 miliar kilometer per jam.

penjelasan ilmiah superman mengitari bumi
image: timetravelnexus.com

Kecepatan tersebut 98 persen mendekati kecepatan cahaya. Tetapi tak hanya butuh kecepatan saja untuk bisa melakukan itu. Secara teori, agar bisa memutar balik rotasi bumi, Superman harus melipatgandakan masa tubuhnya sebanyak 13,7 juta kali.

Saat terbentur dengan teori massa yang harus dipenuhi Superman, ahli matematika Dr. Spyridon Michalakis mengungkapkan bahwa ada massa yang tak bergantung pada besar tubuh, yaitu massa relativitas. “Massa relativitas lebih besar dari massa normal karena massa relativitas tergantung pada energi gerak,” ungkap Michalakis, seperti dikutip Nerdist.

Teori yang dimaksud Michalakis adalah Superman bisa mendapatkan massa lebih besar dari yang seharusnya dia punya dengan kecepatan gerak yang dilakukannya.

Semakin cepat dia bergerak, massa yang dihasilkan pun semakin besar. Untuk memperoleh massa yang dibutuhkan, Superman hanya harus menambah kecepatannya menjadi 669.600.000 mil per jam atau 1,07 miliar kilometer per jam. Dengan kecepatan dan massa yang dihasilkan itu, maka apa yang dilakukan Superman bisa menjadi rem bagi rotasi bumi, dan akan bisa memutar balik rotasi jika gerakan terus dilakukan.

Akan tetapi, dari niatan Superman untuk menyelamatkan Lois Lane tersebut bisa memberikan efek domino bagi semua penduduk bumi. Gerakan bumi dengan rotasi yang terbalik atau bumi hanya berhenti sejenak dari rotasinya akan menyebabkan kekacauan massal di bumi.

Efek yang bisa disebabkan dari hal tersebut mulai dari tekanan atmosfir yang berubah, kecepatan angin yang berubah, hingga yang paling buruk adalah kepunahan manusia dan seluruh makhluk hidup yang ada di bumi.

penjelasan ilmiah superman mengitari bumi - 2
image: pinterest.com

Dalam cerita DC Comics, perjalanan antar waktu tak hanya satu kali atau dua kali dilakukan. Tetapi menurut teori komiknya, Superman bukanlah memutar balik rotasi bumi, tetapi bergerak dalam kecepatan cahaya agar bisa kembali beberapa waktu sebelum kematian Lois Lane terjadi.

Dalam cerita komiknya, selain Superman, The Flash juga bisa melakukan hal ini, dengan kemampuan kecepatan yang dipunyainya, The Flash bisa berlari dengan kecepatan cahaya, sehingga membuka portal antar waktu dan antar alam semesta.

Last Updated on